Setelah menikah atau punya anak, tidka jarang membuat kaum ibu-ibu dihadapkan pada dua pilihan. Bekerja membantu suaminya mendapatkan penghasilan atau mengasuh anak.

Dua pilihan itu, sejatinya bukan untuk dipilih. Karena keduanya memiliki tingkat urgensi masing-masing yang tidak bisa ditinggalkan. Mengasuh anak adalah bagian kewajiban seorang ibu, dan bekerja mencari pendapatan demi kelangsungan hidup.

Dalam posisi dilema itu, jangan dibuat pusing apalagi stres. Karena dalam postingan kali ini, akan menjelaskan ide bisnis bagi ibu rumah tangga.

1. Bisnis Kue
Percaya ga pecaya, yang paling dicari kebanyakan orang adalah makanan, ketimbang pakaian. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kaum ibu yang bekerja di rumah.

Tinggal kita liat, warga di daerah kita lagi trend makanan apa. Di situ kita menjawab kebutuhan mereka. Istilah kerennya, analisa kebutuhan pasar.

Bikin kue, selain mengasyikkan, bisa mendatangkan uang. Kalau dikelola secara serius ini bisa pemasukan menjanjikan.

2. Bisnis Katering
kita bisa terjun ke bisnis katering jika bisa atau hobi memasak berbagai macam menu masakan. Saya rasa ini merupakan ide bisnis yang cocok juga untuk ibu rumah tangga karena kebanyakan dari beliau-beliau ini memang ahli di bidang ini walau tidak semua.

Yang perlu diperhatikan di bisnis ini adalah anda harus memberikan layanan menu yang beragam, dan juga bisa memberikan servis antar jemput katering ke konsumen (ini untuk personal atau rumah tangga) sehingga konsumen serasa diberikan servis personal. Jika skala bisnis anda lebih besar, anda seharusnya berani juga membuka katering untuk acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan sejenisnya.

3. Mengelola Butik/Toko Kelontong:
Sebuah kesempatan usaha yang berkaitan dengan pakaian saya rasa juga banyak digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Apalagi jika anda membuat lebih eklusif dan khusus seperti butik, bisa butik busana muslim, butik batik dan sejenisnya.

Memang diperlukan modal tempat disini, namun bagi ibu rumah tangga yang memiliki space kosong dirumahnya, bisa juga lho dimanfaatkan untuk buka usaha ini. Kunci dari butik ini adalah strategi marketing yang bagus dan kreatif.

Anda harus rajin berpromosi entah itu lokal maupun online. Tentukan usia market konsumen, saya rasa usia muda menjadi target yang cukup bagus mengingat dunia fashion bagi kaum muda terus berkembang danup to date.

Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan konveksi atau perajin batik/busana wanita untuk mensuplai kebutuhan butik anda nantinya. Intinya ini salah satu peluang usaha modal kecil yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga disela-sela kegiatan rutinitas harian mereka.

4. Jualan Online:
Jika tidak ada ruang untuk membuka Butik atau toko, atau juga tidak memungkinkan untuk menyimpan stok barang, bisa dicoba untuk bisnis jualan OnLine .

Kerjasama dengan produsen atau toko busana musim dengan harga kulakan diskon lalu bisa anda naikan berapa persen setiap item yang anda jual.
Sedikit informasi dari teman saya yang juga berbisnis online jualan busana muslim, sebagai contoh dia kulakan pakaian satu pasang dengan harga Rp.130.000 dan dijual Online di harga Rp.200.000 diskon 10% belum termasuk ongkos kirim. Dia tidak usah stok barang, begitu ada orderan langsung pesan ke produsen yang sudah diajak kerjasama sebelumnya.

Ini salah satu peluang bisnis yang mudah dilakukan dan kreatifitaslah yang diperlukan untuk membuat bisnis usaha ini bisa berkembang lebih luas lagi. Aktiflah di sosial media facebook, twitter dan sejenisnya, iklankan produk anda di web dan forum jual beli seperti kaskus, tokobagus, indonetwork, berniaga dan beberapa situs jual beli online lainnya untuk menunjang marketing anda.

5. Bisnis Reseller :
makin banyak produsen yang mempermudah untuk jadi agen. ada banyak produk yang bisa diperjual belikan agen, mulai peralatan rumah tangga, produk perawatan tubuh, kosmetik, baju, perlengkapan bayi, dsb. Konsumennya bisa dari tetangga, atau ibu ibu teman sekolah anak, teman arisan, dsb.

6. Bsnis Franchise
Kita punya modal, tapi malas merintis dari nol. Franchise bisa jadi solusi.

Bisnis franchise atau kemitraan, tepat bagi ibu-ibu yang punya modal lebih. Dengan berbisnis produk yang sudah memiliki nama di masyarakat, akan memudahkan kita dalam menjalankan bisnis.

Kita ambil contoh, #KedaiMonyet misalnya, dengan produk Pisang Capuciono, #KedaiMonyet ini sudah membuka ratusan mitra di seluruh Indonesia. Alasannya sederhana: selain sudah dikenal di masyarakat, dengan menjadi mitra #KedaiMonyet, hanya dengan Rp8 juta sudah mulai menjalankan bisnis.

Dengan bahan baku pisang yang dikemas secara inovatif, Pisang Capucino ini diserbu konsumennya. Apalagi, dalam kandungan pisang ada puluhan manfaat pisang….

Demikian 6 ide untuk bisnis rumahan bagi ibu-ibu. Selamat mencoba ya

5 Ide Peluang Bisnis Menggiurkan bagi Ibu Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *