Kementerian Perdagangan Indonesia mendefinisikan industri kreatif sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat Anda. Dan mengutip dari Wikipedia, “kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama” dan “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi”.

Maka, menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di tahun 2015 besok, usaha kreatif bisa jadi merupakan taruhan terbaik Anda. Lagipula, usaha kreatif bisa dibilang menyimpan potensi tak terbatas. Beberapa orang ini membuktikannya. Mereka mendominasi dunia berkat usaha mereka di bidang industri kreatif. Siapa saja?

1. Menciptakan karakter ngehits dan menjual barang dengan harga berkali-kali lipat dengan menempel karakter itu.

Shintaro Tsuji, bos dari Sanrio, perusahaan yang menaungi karakter Hello Kitty, jadi semakin kaya seiring dengan popularitas karakter Hello Kitty buatan mereka. Bagaimana tidak, selain menjual lisensi Hello Kitty sebagai kekayaan intelektual, seluruh nilai barang dengan gambar Hello Kitty di atasnya akan melonjak tinggi hingga 400%. Misalnya oven microwave seharga 70 jadi berharga 5400 dolar Amerika.

Kini, ada sekitar 50 karakter Sanrio, sahabat Hello Kitty, di atas 22.000 produk berlisensi resmi. Rata-rata, setiap tahun perusahaan ini mengenalkan 3 karakter baru, sambil tetap memastikan agar mereka tidak menjenuhkan pasar. After all, angka penjualan Sanrio mencapai angka 5 miliar dolar Amerika pertahun. Berkat Hello Kitty, Shintaro Tsuji dinobatkan sebagai satu dari 50 orang terkaya di Jepang dengan kekayaan sebesar 610 juta dolar Amerika.
 
2. Sadar lingkungan, berjiwa sosial. Kenapa tidak bikin saja bisnis ramah lingkungan?

Menyusul kesuksesan The Body Shop, belakangan ini bermunculan produk-produk ramah lingkungan. Jessica Alba, aktris cantik Hollywood ini kini terjun di bidang ecopreneur dengan mendirikan Honest Company, yang beroperasi di penjualan berbagai macam produk yang ramah lingkungan untuk bayi. Bisnisnya itu sudah berdiri sejak Januari 2012, dan sampai sekarang, masih berjalan dengan moncer. Sekitar bulan Juni, Honest Company mulai bekerjasama dengan Target. Semua produk rumahan dari Honest Company akan diperjualbelikan pada 1916 gerai Target, sekaligus toko online Target.com. Kesuksesan Honest Company menunjukkan bahwa bisnis kini mulai bergerak pada Human Centric, dimana pelakunya lebih menonjolkan diri pada aktivitas kemanusiaan dan menyentuh sisi spiritual.

 
3. Atau Anda suka memanggang kue nastar?

Anda suka memanggang kue? Kenapa tidak coba mengubahnya ke dalam bisnis. Siapa tahu hobi Anda justru mengantarkan Anda ke dalam perusahaan bernilai multi miliaran dolar. Seperti halnya yang terjadi pada Debbi Fields, founder dari produk cookies populer di negeri Paman Sam: Mrs. Fields. Ia berhasil mengembangkan perusahaannya dari bisnis kecil rumahan ke dalam sebuah perusahaan bernilai $450 juta atau 5 trilliun Rupiah.
 

4. Atau merasa pakaian dalam saat ini kelihatan norak dan kurang seksi?

Ketika Sara Blakely berumur 29, dia mencoba peruntungannya dengan menginvestasikan sebesar 5000 dolar Amerika untuk produk dalaman wanita. Enam bulan kemudian, produk ini disambut dengan hangat. Spanx, model dalaman yang mampu membentuk wanita lebih seksi ini akhirnya laku keras di pasaran.

Setelah difitur di Oprah Winfrey Show, Spanx akhirnya menjadi bisnis multimillion dolar dengan total transaksi sekitar 250 juta dolar. Hebatnya lagi, Blakely mempunyai 100 % persen kepemilikan saham sejak dari awal. Dia tidak pernah mengiklankan atau bahkan menawarkan investasi ke publik. Pada umur 41, Blakely dinobatkan oleh Forbes sebagai wanita terkaya di dunia dengan bisnis rintisan sendiri.

5. Majalah dengan segmen tertentu

Hugh Hefner sudah tertarik dengan dunia publikasi sejak SMA. Kecintaan itulah yang mengantarkkannya mendirikan sebuah majalah ngehit berisi foto-foto model seksi dengan logo kelinci merah jambu. Yup, Playboy. Dari sebuah majalah, ia menggurita ke industri parfum, agensi model, perusahaan rekaman, club, dan industri web. Namun yang mungkin tidak Anda ketahui adalah, majalah ini ternyata bermula dari sebuah bisnis rumahan. Hugh Hefner, sang pendiri kontroversial di balik majalah kontroversial ini, mengumpulkan dana patungan di awal Playboy berdiri.

6. Bikin instant messaging

Lee Hae Jin mendirikan Naver.com pada tahun 1999. Sejak itu, ia berhasil mengantarkan Naver menjadi search engine terpopuler di Korea Selatan. Berkat Naver, Korea Selatan adalah satu di antara beberapa negara, termasuk Rusia dan Tiongkok, yang tidak didominasi oleh Google. Belum puas, kini Lee nyebur ke dunia instant messaging dengan sebuah app yang tentu sudah Anda kenal. Apps ini punya sticker lucu-lucu, dengan gambar ikonik seperti kelinci gembira, beruang romantis, dan cowok narsis.

Betul banget, aplikasi itu adalah Line. Hal ini juga berarti bahwa sekarang, Lee tengah berhadapan langsung melawan raksasa teknologi lainnya, yakni Facebook, yang pada pertengahan tahun ini mengakuisisi WhatsApp.

7. Bikin website lifestyle

Anda mungkin pernah nonton Gossip Girl, sebuah serial drama yang cukup hit di negeri Paman Sam. Maka Anda tentu kenal dengan pemeran tokoh utamanya: Blake Lively. Nah, baru-baru ini, Lively meluncurkan sebuah website lifestyle miliknya: Preserve.us. Ia mengambil segala macam peran di Preserve. Dari mulai CEO hingga asisten produksi. Ia mengurus semua keperluan Preserve, seperti mengatur konsep pemotretan hingga mengambilkan air minum untuk model. Ia juga yang upload konten,proofreading setiap karya penulis, dan mengurus keperluan untuk media massa. “Anda tidak bisa menjadi pengusaha untuk orang lain.

Anda tidak dapat memulai sebuah perusahaan untuk orang lain. Anda harus mencintainya dulu lebih dari apapun. Karena, tuntutannya akan menendang dan merampok hidup Anda. Tetapi, hasilnya akan sangat memuaskan,” katanya. 

8. Membuat sistem jadi lebih baik

Frederick Hutson menemukan ide Pigeon.ly ketika berada di dalam penjara. Terutama karena mengidam-idamkan sistem yang lebih baik. Pigeon.ly adalah sebuah platform yang memungkinkan pencarian cepat terhadap database negara untuk menemukan di mana seorang narapidana berada. Karena, begitu masuk di penjara, narapidana akan dengan mudah hilang di sistem.

Selain itu, ia juga meluncurkan Fotopigeon.com, terutama untuk memfasilitasi keluarga dengan narapidana. Website ini bisa mencetak email, teks, atau foto dari komputer, Facebook atau Instagram, dan mengirimkannya melalui amplop putih polos sesuai aturan lembaga-lembaga pemasyarakatan. Hingga kini, Pigeon.ly mengumpulkan profit tahun pertama senilai $1 juta dan pendanaan $2 juta dalam seed funding dari investor Silicon Valley. Semua ini berawal dari seorang narapidana yang berusaha memanfaatkan kesempatan keduanya semaksimal mungkin.

 
9. Bikin tempat hangout yang terkenal di seluruh jagad internet.

Alexis Ohanian adalah seorang remaja kuper. Ia dan Steve Huffman bertemu di kamar asrama kampus mereka. Mereka langsung klop berkat memiliki kecintaan yang sama di dunia video game. Sejak saat itu, mereka mendirikan berbagai macam bisnis patungan. Hingga pada 2005, mereka berhasil mengembangkan sebuah website yang disebut-sebut paling berpengaruh di dunia: Reddit. Hingga kini, Reddit berhasil menarik lebih dari 1 miliar pageview perbulan, dan kemampuan untuk mengubah sebuah berita biasa menjadi sensasi viral. Setahun setelah mendirikan Reddit, sebuah firma besar membeli Reddit dengan angka yang cukup untuk mengantarkan Ohanian jadi miliuner muda di usianya yang masih 23 tahun. 

Banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari sini, terutama untuk membuktikan bahwa jalan untuk sukses di dunia Internet itu tidak harus dengan menjual jiwa Anda.

Jadi Sobat Studentpreneur,

Anda pun bisa menciptakan the next big thing. Gunakan kreativitas Anda sebaik mungkin sekarang juga. Lagipula, semua orang tercipta untuk memiliki kapasitas berpikir tentang ide kreatif untuk usaha kreatif. Bagaimana menurut Anda? 

Sumber: Studentpreneur.com

9 Ide Usaha Kreatif untuk Mendominasi Dunia