Dengan membuat perencanaan bisnis, Anda sudah satu langkah lebih maju dari orang-orang yang hanya bisa bermimpi untuk jadi pengusaha.

Apa saja sih hal-hal yang harus diperhatikan saat merencanakan bisnis? Coba disimak dulu yang di bawah ini:

a. Deskripsikan bisnismu
Jelaskan secara singkat bidang usaha apa yang ingin dijalankan. Model usaha apa yang paling nyaman untuk kamu?

Apa kamu ingin menjalankan model bisnis dengan membeli franchise atau menciptakan inovasi produk atau jasa yang belum banyak di pasaran?

Coba diteliti untung ruginya merintis bisnis dengan membeli franchise atau memasarkan produk atau jasa kreasi sendiri.

b. Strategi pemasaran
Setelah bisa menggambarkan mengenai bisnis yang mau tekuni, coba pikirkan juga strategi pemasaran yang ingin ditempuh.

Apakah cara tradisional dengan membuka toko atau lewat jalur internet marketing, seperti media sosial atau toko online? Apapun itu, pastikan strategi marketing yang dijalankan efektif dalam menjaring pelanggan.

c. Analisa pesaing bisnis
Selalu ada tantangan dalam menjalani bisnis, salah satunya dari pesaing. Cari tahu pelaku bisnis yang memasarkan produk atau jasa sejenis. Teliti kelebihan dan kekurangan produk mereka, apakah produk Anda nantinya akan menjawab kekurangan dari produk pesaing.

d. Buat anggaran bisnis
Tahap membuat anggaran bisnis meliputi rencana produksi dari produk, biaya pemasaran serta membuat grafik pengembangan bisnis.

e. Rencana operasional usaha
Poin ini meliputi bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Deskripsikan berbagai macam tugas dan tanggung jawab dari tim yang akan bergabung dalam usaha.

Bisa saja sebagai awal, Anda dan partner yang akan menjalankan semua tugas yang ada, mulai dari produksi hingga memasarkan. Selanjutnya, tergantung laba yang didapat toh

Franchise Kedai Monyet – Tips Merancang Sebuah Bisnis